KEBUGARAN JASMANI: PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

 KEBUGARAN JASMANI 


PENGERTIAN KEBUGARAN JASMANI, KOMPONEN, dan CARA LATIHANNYA


(Sumber: primayahospital.com)

Mungkin kita sering mendengar tentang kebugaran jasmani. Akan tetapi, beberapa orang tidak mengetahui apa arti dari kebugaran jasmani dengan baik. Kalau kalian sendiri, apakah kalian sudah tahu apa itu kebugaran jasmani? Yuk kita cari tahu lagi.

PENGERTIAN

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang baik dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan lelah fisik yang berlebihan karena memiliki cukup energi untuk dapat beraktivitas dengan lancar. 

Kebugaran jasmani juga memiliki komponen-komponen penting untuk membantu seseorang melakukan aktivitas dengan lebih maksimal. Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini.

KOMPONEN 

Kebugaran jasmani terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Daya Tahan

Daya Tahan adalah kemampuan ketahanan (resistance) terhadap kelelahan dan cepat pulih kembali (recovery) dari kelelahan. Daya tahan sangat erat kaitannya dengan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari manusia dalam melakukan pekerjaan maupun bergerak. Seseorang yang mempunyai daya tahan tinggi dapat melakukan aktivitas yang lebih lama. Peningkatan daya tahan juga dapat menunda timbulnya kelelahan.

2. Kekuatan Otot

Kekuatan otot adalah tenaga yang dikeluarkan sekelompok otot untuk berkontraksi pada saat menahan beban maksimal. Singkatnya kekuatan otot adalah kemampuan otot untuk menahan beban. Semakin baik kekuatan otot semakin berat juga beban yg bisa diangkat.Latihan beban secara rutin dan kebutuhan nutrisi adalah dua faktor untuk membangun otot juga mendapatkan komposisi dan kekuatan otot yang maksimal.

3. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan untuk berpindah tempat secepatnya. Semakin cepat tubuh bergerak semakin cepat juga waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak.

4. Kelincahan

Kelincahan adalah kemampuan mengubah arah gerak secara cepat tanpa kehilangan keseimbangan. Latihan lari zig-zag dapat melatih kelincahan tubuh.

5. Kelenturan

Kelenturan adalah kemampuan sendi dalam melakukan gerakan di ruang gerak sendi. Tubuh tanpa kelenturan membuat tubuh nampak kaku dan terasa tidak nyaman. Latihan yang dapat dilakukan adalah stretching.

6. Daya eksplosif

Daya eksplosif adalah gabungan dari kekuatan otot dan kecepatan. Rangkaian kerja beberapa unsur gerak otot dan menghasilkan daya ledak jika dua kekuatan tersebut bekerja secara bersamaan. Cara melatih kebugaran ini adalah salah satunya dengan bela diri.

7. Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan sikap dan posisi tubuh. Melatih keseimbangan secara rutin akan membantu menjaga tubuh agar tidak mudah jatuh dan meminimalisir cedera.

8. Koordinasi

Kordinasi adalah kemampuan mengkoordinasikan seluruh tubuh agar selaras dengan arah pandangan.

9. Ketepatan

Ketepatan adalah kemampuan tubuh untuk mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap sebuah sasaran secara tepat.

10. Reaksi

Reaksi adalah kemampuan tubuh untuk segera bertindak dalam menanggapi rangsangan yg ditangkap oleh panca indera. Semakin baik reaksi maka semakin tanggap juga tubuh dalan bertindak


Sumber: https://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2012-2-85201-831408126-bab1-18012013105036.pdf

CARA LATIHAN 

Setelah mengetahui komponen-komponen kebugaran jasmani di atas, apakah kalian juga sudah tahu tahu bagaimana cara mengukur kebugaran jasmani seseorang? Kebugaran jasmani dapat diukur melalui beberapa cara berikut

1. Lari cepat 50 meter

    Lari cepat ini bertujuan untuk melatih kecepatan bergerak. Lari ini dilakukan dengan start berdiri, dengan salah satu kaki berada di dekat garis start. Setelah peluit atau aba-aba untuk memulai sudah berbunyi, kamu bisa mulai berlari. 

2. Tes gantung angkat tubuh putra dan tes gantung siku Putri 

    Latihan ini digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu. Kamu bisa menggunakan alat olahraga barbel dengan kedua tangan lurus ke depan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pull up bar untuk latihan gantung angkat tubuh.

3. Push Up & Sit Up

    Jenis latihan ini memiliki fungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, dan juga trisep. Selain itu, Push Up dapat membentuk otot punggung bawah dan juga otot perut. Pada Sit Up, dapat menguatkan otot perut.

4. Loncat Tegak

    Jenis latihan ini berfungsi untuk membentuk otot pada bagian punggung agar lebih kekar dan simetris. Selain itu, dapat meningkatkan kekuatan tubuh, mengurangi risiko cedera, dan memperbaiki postur tubuh.

5. Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah termasuk dalam cabang olahraga atletik. Untuk pria, jarak yang ditempuh sejauh 1000 - 1200 meter. Sedangkan untuk wanita, jarak yang ditempuh sejauh 800 - 1000 meter.

Sumber: gramedia.com


MANFAAT

Kebugaran jasmani tentu saja memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Dengan banyak berlatih dan berolahraga tubuh kita akan semakin kuat, lentur, lincah, dan seimbang. Selain raga, kesehatan mental pun dapat ikut terjaga dengan berolahraga secara rutin. Beberapa manfaat kebugaran jasmani yakni berikut;

1. Menjaga kesehatan tulang

Seseorang yang rajin berolahraga akan memiliki kepadatan tulang yang berbeda dengan orang yang tidak rutin berolahraga. Dengan berolahraga kita dapat mencegah penyakit osteoporosis di usia  20 - 30 tahunan. 

2. Menjaga berat badan

Dengan berolahraga, kalori dalam tubuh kita dapat terbakar sehingga berat badan kita pun akan turun apabila sebelumnya berlebihan. Selain olahraga kita juga perlu menjaga pola makan kita.

3. Memperbaiki suasana hati

Kadar entropin dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan memicu rasa senang serta perasaan positif lainnya.

4. Menyehatkan sistem kerja otak

 Ketika sedang berolahraga, sistem otak juga ikut bekerja sehingga dapat membuat otak kita lebih sehat. 

5. Memperpanjang usia

 Rutin berolahraga dapat membuat masa daya tahan tubuh kita semakin meningkat sehingga tubuh kita memiliki daya lindung yang semakin kuat terhadap penyakit. Menurunkan resiko penyakit dapat membantu kita untuk hidup lebih lama.

Sumber: gramedia.com


KESIMPULAN

Kebugaran Jasmani sangat penting dalam melatih tubuh menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya kebugaran jasmani yang memandai dalam tubuh, kita dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah secara berlebihan. 


Anggota:

1. Aisyah Listi Ramadhani - 02

2. Anggita Nanda Syahlunanisa - 05

3. David Chandra Adinata - 11

4. Elsani Ismi Latifa - 13

5. Fahrial Rizal - 14

6. Murti Ayu Marsya Auliya - 22

Komentar

Postingan populer dari blog ini

C27: Si 'Cepat' yang 'Tersingkirkan'

CC50: 'BERGKONINGIN' DARI PRIANGAN

KLB 3 Januari 1946: Momen Menegangkan 'kabur' dari Jakarta